• Pembelajaran melalui pengalaman secara langsung sangat efektif bagi Anak2 Berkebutuhan Khusus.

      Nov 24, 2016

HPS – Hari Pertama Sekolah

HPS – Hari Pertama Sekolah

Late Post – Hai, tanpa terasa kita sudah memasuki tahun 2017, atau paruh kedua tahun akademik 2016/2017. Banyak hal terjadi sejak Kami memposting laporan kegiatan terakhir dimedio Juli 2016 lalu. Ada sukacita, ada dukacita. Mulai dari tahun ajaran baru, KBM yang diisi dengan kegiatan field trip, mini field trip, cooking class hingga ujian akhir semester.

Dari kegiatan guru, termasuk adanya session sharing pelatihan menulis bagi guru dengan mengundang Zanta Al Bayyan selaku penulis muda. Tak lupa kabar dukacita dari Kami, yaitu wafatnya Mrs Siti Aminah S.Pd (Ms Ami), pada bulan Agustus 2016 lalu, karena sakit yang telah lama dideritanya. Untuk kecintaannya yang besar pada pendidikan anak-anak, dedikasi dan pengabdian terbaik almarhumah, do’a Kami selalu menyertai (Alm) Ms Ami.

Memasuki tahun 2017, sejak bulan Desember lalu, terutama dalam hal pembinaan sumber daya manusia dilingkungan Sekolah Khusus dan Pusat Tumbuh Kembang Anak “Bougenville”, Kami melakukan evaluasi khusus akhir tahun. Evaluasi yang menghasilkan adanya rotasi berupa mutasi serta terminasi bagi guru. Hal itu dilakukan selain memberi kesempatan berkarier bagi guru-guru dilingkungan “Bougenville”, juga bagian dari upaya peningkatan kinerja, serta seleksi alam dalam memilih guru-guru terbaik yang dinilai secara obyektif. Kesemuanya dilakukan dalam rangka memberikan pendidikan terbaik bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Khusus dan Pusat Tumbuh Kembang “Bougenville”.

Obyektifitas penilaian bagi guru didasarkan pada minimal 2 (dua) aspek besar, yaitu attitude dan kompetensi. Termasuk dalam attitude adalah penilaian kejiwaan melalui psikotest yang sejak hampir dua tahun terakhir, menjadi budaya baru yang diberlakukan bagi tenaga guru yang bekerja di “Bougenville”. Maka tak heran apabila turn over tenaga pendidik (guru dan therapist) serta tenaga administratif dilingkungan Sekolah Khusus maupun Pusat Tumbuh Kembang “Bougenville” relatif tinggi.

Hal ini terjadi karena Kami selaku pengelola, ingin memberikan yang terbaik bagi anak-anak dan juga para guru. Bagi anak-anak diberikan guru-guru yang TERPILIH secara selektif dan terus mendapat gemblengan pembinaan dari manajemen, agar dapat memberikan pelayanan TERBAIK bagi anak-anak yang bersekolah di Sekolah Khusus “Bougenville”.

Akhirul kalaam, mari kita songsong tahun 2017 dengan penuh rasa optimis. Optimisme bagi terjaganya KUALITAS pendidikan dilingkungan Sekolah Khusus maupun Pusat Tumbuh Kembang Anak “Bougenville”. Optimisme bagi perubahan pada anak-anak menjadi lebih baik, lebih mandiri, lebih trampil dan lebih relijius, sesuai dengan visi Kami untuk membentuk anak-anak yang Trampil-Relijius. Sebuah proses panjang, tanpa henti, tanpa kenal lelah, yang dimulai dari hari ini, 5 January 2017 sebagai Hari Pertama Sekolah (HPS). Salaam, M Iman – Sekretaris Badan Pengurus Yayasan Nirwana Bakti Sejahtera | Pengelola.

 

Leave a comment