Jadikan Anak Sebagai Sahabat

Jadikan Anak Sebagai Sahabat

Oleh: Yayu Septia Oktaviani S.Pd – Guru BKK pada SKh Bougenville. Mendidik anak tidak selalu menunjukkan peran, bahwa “Saya adalah gurumu”. Kita mampu mendidik anak dengan cara yang nyaman, yaitu dengan cara menjadikan anak murid sebagai sahabat. Menjadikan murid sebagai sahabat merupakan cara terbaik dalam mendidik, karena anak-anak akan sangat leluasa dalam menyampaikan berbagai hal. Mereka juga tidak akan merasa takut dalam menyampaikan pendapatnya. Hasilnya, potensi anak akan semakin terbuka.

Berikut ini, beberapa cara / tips untuk menjadikan anak sebagai sahabat dalam mendidik anak:

Fokuslah pada kekuatan anak

Setiap anak mempunyai kemampuannya masing-masing. Jangan pernah memaksakan dan membandingkan anak-anak anda, karena hal ini akan menyakiti hatinya. Berikan dukungan dan beri semangat pada anak supaya ia mampu mengembangkan hal positif dalam dirinya. Tentunya yang patut diingat adalah, setiap anak mempunyai potensi yang berbeda-beda.

Berikan kesempatan untuk mengungkapkan isi hatinya

Peluklah mereka (anak didik) dan berikan kesempatan padanya untuk menyampaikan apa yang ada dalam hatinya. Mintalah bercerita tentang ayahnya, bundanya atau yang lainnya. Dengarkan dan berikan sambutan serta pelukan hangat padanya, agar mereka merasakan memiliki sahabat. Setelah itu tanggapi dengan baik apa yang sudah mereka ungkapkan.

Berikan rasa aman

Seorang sahabat tentunya akan memberikan perlindungan yang maksimal untuk sahabatnya yang lain. Begitu juga dalam mendidik anak, berikan rasa aman padanya. Lindungi semaksimal mungkin dari berbagai ancaman bahaya. Yakinkan padanya bahwa dia akan aman bersamamu (guru).

Leave a comment